Gambar
PENYEMBELIHAN HEWAN KORBAN
Rabu, 21 Juli 2021  243

Setiap tahunnya, umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah kurban pada Hari Raya Iduladha dan tiga hari tasyrik. Pada tahun ini, Hari Raya Iduladha jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Adapun hari tasyrik berlangsung pada tanggal 21-23 Juli 2021.

Hukum ibadah kurban adalah sunah muakkadah atau amat ditekankan pengerjaannya. Saking pentingnya ibadah kurban, sampai-sampai Rasulullah SAW memberi ancaman kepada orang yang memiliki kelapangan rezeki, tetapi enggan melaksanakan kurban.

Hal ini tergambar dalam sabdanya: "Barangsiapa yang memiliki kelapangan [harta], sedangkan ia tak berkurban, janganlah dekat-dekat tempat salat kami," (H.R. Ahmad, Ibnu Majah, dan Hakim).

Untuk dilingkungan sekolah SMPN 3 Bantan pada hari raya Idul Adha 1442 H DIlaksanakan kurban 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Hal tersebut disampaikan Kepala SMPN 3 Bantan Supa’at kepada RRI, (21/7), penyembelihan hewan kurban dilaksanakan pada hari kedua hari raya Idul Adha, Rabu 21 Juli 2021 dilingkungan sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah pada lebaran Idul Adha tahun ini kita melaksanakan 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Daging kurban dibagikan ke sebagiaan warga sekolah yakni siswa dan guru dan juga dibagikan kepada masyarakat lingkungan sekolah”,ungkapnya.

Dijelaskan Supa’at panitia menyediakan 132 kupon yang telah dibagikan kepada yang berhak menerima daging kurban. 

“Sebanyak 132 kupon sudah kita bagikan kepada sebagian siswa, guru SMPN 3 Bnatan warga sekitar’,jelasnya.

Ia berharap dengan dilaksanakan kurban selain memupuk kebiasan berbagi juga dapat mempererat hubungan silaturahim sesama keluarga besar SMPN 3 Bantan dan warga sekitarnya.