Gambar
Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022
Senin, 17 Oktober 2022  285

    Memperingati Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk kita semua agar menyadari pentingnya Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Hari kesaktian pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober, seluruh bangsa Indonesia dan seluruh satuan pendidikan nasional memperingati hari kesaktian pancasila. SMP Negeri 3 Bantan melaksanakan upacara bendera sebagaimana yang dilakukan oleh instansi-instansi lainnya.

Sabtu 1 Oktober 2022 dimulai dari pukul 07.30 WIB, telah dilaksanakan upacara kesaktian pancasila di lapangan upacara SMP Negeri 3 Bantan. Pelaksanaan upacara dimotori oleh pembina OSIS SMP Negeri 3 Bantan, petugas upacara perwakilan dari kelas 7, 8, dan 9. Seluruh guru dan pegawai SMP Negeri 3 Bantan hadir dalam kegiatan ini upacara berlangsung dengan khidmat dan rahayu. Bahkan tidak ada siswa yang datang terlambat.

Kepala SMP Negeri 3 Bantan Bapak Supa'at selaku inspektur upacara sekaligus memimpin pembacaan naskah ikrar hari kesaktian pancasila yang diikuti oleh seluruh peserta upacara. Naskah ikrar tersebut menyuarakan untuk seluruh rakyat Indonesia bersungguh-sungguh membulatkan tekad tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ikrar Kesaktian Pancasila 2022 dibacakan pada saat upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 yang dilansir oleh Kemdikbud, tema Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 adalah "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila". Setelah pembacaan ikrar kesaktian Pancasila dan mengikuti rangkaian upacara lalu diakhiri dengan doa maka berakhirlah upacara hari kesaktian pancasila.

Setelah upacara selesai dilanjutkan agenda penampilan-penampilan dari siswa dan siswi SMP Negeri 3 Bantan yaitu, one day one ayat, yel-yel dari grup PMR, pantun, puisi, mengisi angka 1-25 dengan jalan kuda dalam permainan catur, dan mengenal peta dunia. Satu persatu penampilan sudah dipersembahkan oleh siswa-siswi, dan diakhiri dengan melakukan sesi foto bersama dengan kepala sekolah, majelis guru, dan jajarannya.

SMPN3Bantan@2022