Gambar
LOKAKARYA KEPEMIMPINAN SEKOLAH 1 PSP ANGKATAN 3 TAHUN 2024
Senin, 20 Mei 2024  140

Bengkalis, 18 Mei 2024 – SMPN 3 Bantan Menjadi Tuan Rumah dalam Kegiatan Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 PSP Angkatan 3 tahun 2024.Sebanyak 18 peserta dari  6 sekolah penggerak angkatan yang ada di Kabupaten Bengkalis, yakni SDN 13 Bukit Batu, SDN 5 Siak Kecil, SDN 6 Rupat, SMPN 4 Bengkalis, TK Cendana Duri dan SMP Negeri 3 Bantan , Kegiatan Lokarkarya yang di selenggarakan oleh Balai Guru Penggerak Provinsi Riau. 

Lokakarya Kepemimpinan Sekolah 1 PSP Kembali dilaksanakan untuk Program Sekolah Penggerak Angkatan 3 yang merupakan pertemuan antara Pengawas, Kepala Sekolah, 2 Komite Pembelajaran dan perwakilan dari Dinas Pendidikan yang difasilitasi oleh Fasilitator Sekolah Penggerak dalam lingkup Kabupaten Bengkalis.

Tujuan Lokakarya Kepemimpinan Kepala Sekolah adalah agar kepala sekolah mengembangkan kemampuan kepemimpinan pembelajaran dalam meningkatkan profesionalisme guru, Kepala sekolah memiliki kesadaran penuh dan memiliki peran dalam meningkatkan potensi guru.

 

Acara ini dibuka resmi oleh Bapak Abadi, M.Pd selaku Penanggung jawab Program Sekolah Penggerak Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis. kemudian, acara ini dipandu langsung oleh fasilitator SP SD Ibu Juliati, M.Pd dan Fasilitator SP SMP Ibu Dini Deswarni, SS, M.Pd,I.

Fasilitator sekolah penggerak khusus untuk SP SD Ibu Juliati, M.Pd berharap agar kepala sekolah penggerak untuk mulai bergerak dan terus bergerak mengimbaskan pemahaman dan praktik baik ke sekolah-sekolah lain yang belum memiliki kesempatan menjadi sekolah penggerak agar menginspirasi sekolah  dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara mandiri.

 

Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman peserta terhadap peran kepala sekolah dari sekolah penggerak sebagai pemimpin pembelajaran di satuan pendidikan. Peserta juga diharapkan dapat memahami 5 kebiasaan seorang pemimpin efektif, mengenal langkah-langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak, serta mampu menerapkan setiap langkah 5T dalam pengambilan keputusan berdampak. Apa itu 5 kebiasan pemimpin efektif ?

  1. Mengelola waktu dengan cermat
  2. Mengusahakan hasil terbaik
  3. Memberdayakan potensi asset
  4. Menentukan skala prioritas
  5. Mengambil Keputusan berdampak